Selasa, 16 September 2014

Kedudukan Media Massa dalam Persfektif Olahraga


Menurut Dr. Nina Media massa singkatan dari media komunikasi massa merupakan saluran, alat, atau sarana yang dipergunakan dalam proses komunikasi massa. Komunikasi massa sendiri artinya adalah penyampaian pesan, gagasan,atau informasi yang ditunjukan kepada orang banyak melalui media massa. Adapun karakterisik media massa yaitu 
 - Publisitas, disebarluaskan kpd khalayak 
 - Universalitas, pesenya bersifat umum 
 - Periodisitas, tetap/berkala 
 - Kontinuitas, berkesinambungan 
 - Aktualitas, berisi hal-hal baru.

Media massa disebut sebagai kekuatan keempat (the fourth estate) setelah lembaga ekskutif, legislatif, dan yudikatif. Sedangkan karakteristik komunikasi massa terdiri dari : 
 - Komunikator melembaga : komunikator berbicara mewakili lembaga
Pesan bersifat umum
- Menimbulkan keserempakan dan serentak 
 - Komunikasi bersifat heterogen 
 - Berlangsung satu arah

Media massa dan olahraga tujuannya memperkuat proses penyediaan dan peluncuran informasi, menyampaikan pesan moral hakiki Olahraga, dan Sport marketing.Peran, fungsi dan perkembangan media Olahraga seperti : 
- Berita Olahraga memiliki nilai komersial cukup tinggi, daya tarik terletak pada: kejutan, ketegangan, unpreditable.  
- Media cetak dan elektronik mengalami perkembangan pesat dari sisi kuantitas dan kualitas tayangan. Terdapat perbedaan dan pemilihan cabang olahraga. 
Media Olahraga merupakan media antara kegiatan olahraga dan penggemar. 
- Media massa. To explain science to no scientists, internasionale relations to non diplomats, and politics to ordinary voters

Tidak ada komentar: