Falsafah Pelatih
Falsafah adalah suatu sistem dari
prinsip-prinsip yang dipakai untuk membimbing orang dalam kegiatan-kegiatannya
(Martin dan Lumsden: 1987). Falsafah coaching adalah suatu perangkat sikap
(attitudes) atau prinsip-prinsip dasar yang menuntun tabiat dan perilaku
pelatih di dalam situasi-situasi praktek. Kode etika adalah suatu perangkat
peraturan dan prinsip-prinsip yang menuntun orang dalam perilakunya
sehari-hari. Etika adalah suatu disiplin yang biasanya mengacu kepada
masalah-masalah yang berhubungan dengan baik dan buruk, dengan
kewajiban-kewajiban dan tanggung jawab moral serta merupakan suatu perangkat
prinsip-prinsip dan nilai-nilai moral yang mengatur perilaku seorang individu.
Tugas, Peran,
Kepribadiaan, Kode Etika Pelatih
1.
Perilaku
(manusia model)
2.
Kepemimpinan
(bekerjasama, bergaul, dan tegas)
3.
Sikap
sportif (jujur, rendah hati, santun, dan disiplin)
4.
Pengetahuan
dan keterampilan (teknik, taktik, peraturan, dan sistem-sistem)
5.
Keseimbangan
emosional
6.
Imajinasi
adalah kemampuan daya ingatan kita untuk membentuk khayalan-khayalan mental
tentang obyek-obyek yang tidak nampak
7.
Ketegasan
dan keberanian
8.
Humor
9.
Kesehatan
10.
Administator
(pengelolaan olahraga, program latihan, inventaris, data-data atlet, data-data
kondisi fisik, kemajuan dan kemunduran prestasi)
11.
Pendewasaan
anak (mengajar sifat-sifat kepemimpinan, kekompakan tim, mengambil inisiatif,
ambisi, disiplin dsb)
12.
Kegembiraan
berlatih
13.
Hargai
wasit
14.
Hargai
tim tamu
15.
Perhatian
pribadi
16.
Berpikir
positif/optimistik
17.
Larang
judi (disogok)
18.
Berbahasa
yang baik dan benar
19.
Mengisyukan
orang (jangan mengkritik, mengisyukan, ceritakan kekurangan-kekurangan atlet,
pelatih lain, ofisial lain kepada orang lain/tidak menyebut nama seseorang
tersebut)
20.
Menggunakan
wewenang
21.
Siap
mental
22.
Hubungan
dengan para asisten pelatih
Petunjuk untuk
para asisten pelatih
1.
Setia
(loyal antara pelatih dan atlet)
2.
Hasrat
dan ambisi yang besar untuk maju dan menjadi pelatih yang baik kelak
3.
Rela
berkorban (pelatih dan atlet)
4.
Keluarganya
pengertian akan tugas-tugasnya
5.
Guru
/ pelatih yang aktif
6.
Contoh
yang baik untuk atlet
7.
Mengkontrol
emosi
8.
Kembangkan
rasa akan humor
9.
Semua
tugas dengan penuh antusiasme dan semangat
10.
Cintailah
tugas dan lakukan dengan kebanggaan
Ilmu-ilmu lain
yang perlu diselami oleh pelatih
a.
Ilmu
faal
b.
Ilmu
urai (anatomi)
c.
Kinesiologi
dan prinsip-prinsip mekanika
d.
Psikologi
e.
Ilmu
gizi
f.
Fisiotrapi
g.
Dll
(sosiologi, manajemen, teori belajar motorik, statistik, dan metodologi riset)
Persiapan untuk
tugas pelatih
1.
Latar
belakang pendidikan
2.
Pengalaman
dalam olahraga
3.
Pendidikan
tambahan
sumber :
Harsono. (1988). Coaching
dan Aspek-Aspek Psikologi dalam Coaching. Jakarta: CV. Tambak Kusuma.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar