Senin, 24 Februari 2014

Berikut 7 alasan sehat mengapa minum kopi baik untuk kesehatan Anda


  1. Mencegah diabetes
    Jika Anda suka mengonsumsi kopi murni, Anda berpeluang hampir 60 % menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2 daripada yang tidak minum kopi. Kandungan magnesium dan kromium yang terdapat pada kopi dapat membantu mengendalikan kadar gula darah.
  2. Mencegah Kanker Kulit
    Kesimpulan ini diperoleh para ilmuwan dari Universitas Rutgers, Amerika Serikat. Penelitian menunjukkan, kafein memiliki senyawa kimia yang bila diterapkan dalam kulit dapat menyerap radiasi ultraviolet. Ini adalah upaya preventif atas perkembangan tumor.
  3. Mencegah Stress
    Aroma kopi dapat membuat tubuh Anda lebih segar. Saat Anda stres, aroma kopi juga membantu Anda redakan stres, dengan memicu aktivitas gen yang berfungsi melindungi sel-sel syaraf dari stress.
  4. Mencegah Gigi Berlubang
    Minum kopi ternyata dapat mencegah gigi berlubang. Menurut penelitian di Journal of Agricultural and Food Chemistry, senyawa yang terdapat pada kopi yaitu trigonelline, memiliki sifat antibakteri yang dapat menjaga rongga mulut dari serangan kuman seperti streptococcus mutans, yang dapat menyerang enamel gigi.
  5. Mencegah Parkinson
    Orang dengan riwayat keluarga peminum kopi berpeluang kecil terkena penyakit neurologis seperti parkinson. Kafein pada kopi ataupun teh berkafein, dapat bereaksi pada gen yang disebut GRIN2A untuk membantu menurunkan risiko parkinson.
  6. Mencegah Penyakit Jantung
    Peneliti Belanda menemukan bahwa orang yang minum kopi dua hingga empat cangkir sehari berhasil menurunkan risiko penyakit jantung mereka sebanyak 20 persen, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kopi. Antioksidanyang terdapat pada kopi memberikan perlindungan yang baik dari radikal bebas yang masuk dalam tubuh.
  7. Mencegah Kanker Mulut Dan Tenggorokan
    Sebuah penelitian di Italia menemukan bahwa kandungan kafein pada kopi mencegah munculnya kanker mulut dan tenggorokan. Mereka yang minum kopi sekitar empat cangkir atau lebih sehari mengurangi risiko kanker mulut tertentu dan tenggorokan hampir 40 persen.
Konsumsilah kopi Anda secara bijaksana. Minum kopi berlebihan dapat menyebabkan ganguan tidur, sakit perut atau jantung berdebar. Anda juga perlu membatasi minum kopi jika Anda dalam keadaan hamil atau mempunyai tekanan darah tinggi. Untuk keamanan, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum Anda minum kopi 

Senin, 03 Februari 2014

4 Olahraga yang Cepat Membakar Lemak

Bila saat ini Anda bertubuh gemuk dan penampilan Anda terganggu karenanya, maka bisa dipastikan Anda akan mencoba berbagai cara agar bisa menurunkan berat badan untuk memiliki tubuh ideal.
Di antara banyak hal yang muncul di benak Anda adalah; olahraga apa yang cepat membakar lemak, olahraga yang cepat menurunkan berat badan, atau tips membakar lemak yang efektif untuk berat badan Anda sekarang.
Nah, daripada bingung mencari olahraga yang tepat, berikut ini 4 olahraga yang cepat membakar lemak agar Anda bisa menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat.
Renang                      
Kalau Anda ingin membakar kalori lebih banyak tanpa perlu berkeringat, maka Anda bisa mencoba olahraga renang. Studi menunjukkan bahwa olahraga renang dapat membakar lebih dari 800 kalori perjam.
Bersepeda
Bersepeda dapat Anda pilih sebagai salah satu olahraga yang cepat untuk menurunkan berat badan. Dengan bersepeda Anda dapat membakar banyak kalori. Selain itu, bersepeda juga dapat melatih otot kaki Anda, di mana otot kaki merupakan otot besar yang dapat membakar lemak lebih banyak. Satu jam bersepeda intensitas sedang dapat membakar 1000 kalori.
Aerobik
Ingin miliki tubuh kencang sekaligus membakar lemak lebih banyak, silakan jajal latihan aerobik. Aerobik telah dikenal bertahun-tahun sebagai olahraga pembakar lemak. 60 menit latihan aerobik dapat membakar lebih dari 650 kalori.
HIIT
HIIT (High Intensity Interval Training) adalah olahraga yang efektif membakar lemak dan sangat digemari banyak orang. Penelitian di Australia melaporkan bahwa wanita yang melakukan latihan HIIT, 8 detik lari cepat (sprint), diikuti dengan 12 detik jalan cepat, selama 20 menit, diketahui mampu membakar lemak 6 kali lebih banyak ketimbang wanita lain yang latihan kardio biasa selama 40 menit.
Well, sekarang Anda tak perlu bingung lagi memilih olahraga yang cepat membakar lemak. Selamat mencoba! (dan)

Pulih Lebih Cepat dengan 3 Makanan Anti-Overtraining

Pulih Lebih Cepat dengan 3 Makanan Antr-Overtraining
Untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan otot ideal diperlukan usaha keras. Salah satunya adalah dengan latihan teratur. Namun, hingga saat ini banyak dari Anda yang masih salah kaprah dengan pengertian latihan teratur.
Latihan teratur dipahami sebagai latihan yang dilakukan setiap hari, selama berjam-jam, hingga tubuh Anda tidak memiliki waktu untuk pemulihan, yang akhirnya membuat tubuh Anda overtraining.

Overtraining merupakan menurunnya kemampuan tubuh karena proses latihan yang berlebihan. Tubuh tidak memiliki waktu pemulihan yang cukup di sela latihan sehingga terjadi overtraining. Saat tubuh overtraining, latihan yang Anda lakukan akan sia-sia, yang perlu Anda lakukan saat overtraining adalah istirahat cukup dan mengonsumsi makanan yang dapat mempercepat pemulihan Anda dari overtraining.

Ada 3 makanan yang dapat membantu Anda pulih lebih cepat dari overtraining

1. Daging

Daging mengandung protein tinggi yang baik untuk mempercepat proses pemulihan Anda saat overtraining. Tubuh membutuhkan protein yang cukup untuk proses pembentukan otot, saat tubuh kekurangan protein, tubuh akan mengambilnya dari daging Anda, sehingga Anda akan merasa cepat lelah dan pegal-pegal.

Cukupilah kebutuhan protein Anda saat berlatih, terutama saat berlatih untuk pembentukan otot. Anda bisa mendapatkan protein dari daging sapi, daging ayam dan telur. Jika Anda vegetarian Anda bisa mendapatkan protein dari kacang-kacangan seperti, kacang merah atau kedelai. Anda juga bisa menambahkan whey protein untuk memulihkan tubuh dari overtraining.

2. Buah-Buahan Dan Sayuran

Selain kekurangan protein, overtraining juga bisa disebabkan kurangnya vitamin dan mineral dalam tubuh. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral saat overtraining, makanlah buah dan sayuran. Vitamin B banyak terdapat pada, biji-bijian, pisang, cabe keriting, dan kacang-kacangan. Vitamin B dalam tubuh membantu proses pemecahan karbohidrat, lemak, dan protein, sehingga membuat tubuh Anda mendapatkan pemulihan lebih cepat saat overtraining. Oleh karena itu, perbanyaklah makan buah-buahan dan sayuran saat Anda overtraining.

3. Susu

Susu mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti, karbohidrat, vitamin, mineral, dan juga protein. Karbohidrat dan protein diperlukan tubuh untuk mengembalikan energi dan mempercepat pemulihan saat overtraining.

Protein dalam susu juga dapat mengganti bagian otot yang rusak saat berlatih, serta memproduksi hormon dan enzim dalam tubuh. Selain itu, susu juga kaya akan kalsium dan zat besi yang berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi, mencegah osteoporosis, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Terlepas dari apa yang Anda makan, kunci untuk mengatasi overtraining adalah istirahat yang cukup agar proses pemulihan tubuh berjalan maksimal. Lakukan latihan dengan benar dan jangan berlebihan agar Anda terhindar dari overtraining.