Minggu, 24 Januari 2016

SELAMATAN KEHAMILAN

Assalamu'alaikum war. wab.
Alhamdulillah, dalam kesempatan ini atas ridla Allah saya dapat berbagi ilmu tentang Walimatul Hamli atau Selamatan Kehamilan bagi ibu-ibu yang kini usia kehamilannya telah memasuki beberapa bulan.
Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW pernah bersabda: "Bahwa proses terjadinya manusia itu berasal dari setetes air sperma yang berada dalam rahim seorang ibu selama 40 hari, lalu berupa segumpal darah selama 40 hari, kemudian berupa segumpal daging selama 40 hari. Setelah itu Allah mengutus malaikat untuk meniupkan ruhnya dan menetapkan rizkinya, ajalnya, dan nasibnya bahagia atau celaka (Ali, 1997:55). Oleh karena itu sangat tepat sekali pada umur kehamilan mencapai 120 hari, kita dapat mengadakan bacaan do'a bersama-sama, agar bayi yang berada dalam kandungan tetap dalam penjagaan Allah SWT, ibunya sehat dan nanti dapat melahirkan dengan mudah, lancar serta selamat. dan kita berdoa semoga bayinya dicatat oleh malaikat menjadi orang yang akan mendapatkan umur panjang, baik amalnya, luas rizkinya, dan bahagia hidupnya di dunia dan akhirat.
Mendoakan kehamilan ini sebenarnya juga telah diisyaratkan dalam firman Allah Ta'ala yang artinya: "Maka setelah dicampurinya, istrinya itu mengandung kandungan yang ringan, dan teruslah dia merasa ringan (beberapa waktu). Kemudian tatkala dia merasa berat, keduanya (suami istri) bermohon kepada Allah, Tuhannya seraya berkata: "Sesungguhnya jika Engkau memberi kami anak yang saleh, tentulah kami termasuk orang-orang yang bersyukur." (QS. 7 Al A'raf:189). Maksud ayat tersebut mengajarkan kepada suami istri pada saat istri sedang mengandung dan kandungannya semakin berat supaya memperbanyak berdoa, supaya keturunannya nanti menjadi anak yang saleh. Bahkan  Islam mengajarkan pada saat kehamilan itu suami istri juga harus tekun beribadah dan membiasakan melakukan amal-amal kebaikan. Dan inilah sebagai pendidikan anak sejak masih berada dalam kandungan.
Ada beberapa doa yang perlu dibaca pada saat mengandung, diantaranya doa yang pernah dibaca oleh Nabi Zakaria AS yang artinya: "Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa." (QS. 3 Ali Imran:38). Adapun doa selamatan hamil yaitu: "Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam, dengan puji orang-orang yang ingat dan bersyukur, dengan puji yang menetapi nikmat-Nya dan mencukupi tambahan-Nya. Wahai Tuhan Kami, bagi-Mulah segala puji sebagaimana yang layak bagi ke-Agungan Dzat-Mu dan kebesaran kerajaan-Mu. Ya Allah, limpahkan rahmat dan keselamatan atas junjunan kami Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad. Berikanlah keselamatan, keridlaan dan keberkahan dari Engkau kepada seluruh sahabat Rasulullah. Ya Allah, jagalah anak kami selama ia berada dalam kandungannya, dan sembuhkanlah dia, Engkau adalah Dzat yang menyembuhkan, tiada obat kecuali obat-Mu yang tidak akan membawa penyakit. Ya Allah, bentuklah dia dalam kandungannya dengan rupa yang bagus, dan tetapkanlah hatinya dengan iman kepada-Mu dan kepada Rasul-Mu. Ya Allah, keluarkanlah dia dari kandungannya pada waktu dia melahirkannya dengan mudah dan selamat. Ya Allah, jadikanlah dia orang yang sehat, sempurna, cerdik, cerdas, alim mau mengamalkan ilmunya. Ya Allah, berilah dia umur panjang, badan sehat dan budi pekerti yang baik, dan berilahlisan yang fasih serta berilah suara yang baik untuk membaca Al-Qur'an dan hadits dengan berkah Nabi Muhammad SAW. Dan segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam."
Demikian sekilas mutiara yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat. Khususnya kepada ibu yang sedang mengandung, umumnya semua pembaca.
Sekian dan terimakasih serta mohon maaf atas kekurangan atau kesalahannya.
Wassalamu'alaikum war. wab.
 
 

Tidak ada komentar: